Apa Itu FSSC 22000?

Di era yang serba praktis saat ini, seringkali kita mengonsumsi pangan yang diproduksi langsung oleh industri pangan (pabrik makanan dan minuman).

Pengolahan pangan yang diproduksi dapat menghasilkan kualitas baik atau buruk. Industri pangan dituntut untuk mengedepankan kebersihan dalam mengelola pangan untuk mendapatkan kualitas baik dan aman dikonsumsi.

Namun, tak sedikit industri pangan yang digrebek oleh petugas dikarenakan mengelola pangan jorok bahkan dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan bagi konsumen. Padahal kebersihan adalah masalah paling penting dalam organisasi pangan. Sebab, faktor yang mengacam kesehatan manusia terletak pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Oleh karena itu, industri pangan harus menerapkan sistem keamanan pangan untuk menjamin produk diolahnya aman untuk dikonsumsi.

Sistem keamanan pangan adalah konsumen yang menginginkan jaminan keamanan pada pangan yang hendak dikonsumsi oleh mereka. Kata lainnya, sistem keamanan pangan merupakan sistem yang memastikan kepada konsumen bahwa produk yang diproduksinya aman untuk dikonsumsi.

Guna menunjang sistem keamanan pangan, industri pangan menerapkan sistem manajemen keamanan pangan. Pada sistem manajemen keamanan pangan ini yang berarti standar internasional dengan tujuan membangun rantai produksi pangan di seluruh dunia. Istilah produksi pangan mengacu pada proses dalam memproduksi pangan. Seperti produksi bahan makanan dimulai dari lapangan, persiapan, pengelolaan, produksi, pengemasan, penyimpanan, pengiriman dan proses lainnya.

Salah satu sistem manajemen keamanan pangan terpopuler di dunia yaitu FSSC 22000. Food Safety System Certification (FSSC) 22000 menyediakan kerangka dalam merancang, mengatur dan bertanggung jawab atas keamanan pangan. FSSC 22000 diterbitkan oleh Global Food Safety Initiative (GFSI) yang berfokus pada keamanan pangan hanya berlaku pada produsen makanan. FSSC 22000 merupakan standar yang diterima secara global, karena semuanya mencakup persyaratan dalam melakukan inspeksi, pengawasan dan sertifikasi untuk memastikan industri pangan sudah menerapkan semua tahapan yang sesuai dengan FSSC 22000.

Sertifikasi FSSC 22000 telah diakui secara global sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap sistem manajemen keamanan pangan yang diterapkan pada industri pangan tersebut. Oleh karena itu, industri pangan yang telah memiliki FSSC 22000 sangat memperhatikan dan peduli terhadap kesehatan konsumen.

Selain itu, tujuan FSSC 22000 dapat membuat industri pangan mampu mengidentifikasi potensi bahaya yang dapat mengancam kesehatan konsumen. Mampu mengidentifikasi titik-titik kontrol kritis hingga setindaknya mengurangi risiko keamanan pangan tersebut.

Di sisi lainnya, industri pangan yang memiliki FSSC 22000 telah memenuhi persyaratan hukum, meningkatkan kepercayaan konsumen dan lebih unggul dalam persaingan yang ketat. Tak hanya itu, sistem manajemen keamanan pangan FSSC 22000 telah terintegrasi ke dalam sistem manajemen mutu yang sudah ada seperti ISO 22000. Jadi tunggu apalagi? Konsultasikan sekarang juga!

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *