Seminar Online Codex jadi Rebutan

Catalyst News, Tangerang, 19 Desember 2020 – Codex Alimentarius General Principles of Food Hygiene versi 2020 telah dirilis. Standar pangan International yang fenomenal ini dijadikan tema besar dalam seminar online di Catalyst Consulting.

Seminar online yang telah diselenggarakan pada Sabtu, 12 Desember 2020 menuai perhatian publik. Lantaran pendaftaran kurang dari seminggu, sudah melebihi kuota peserta.

Terdapat 664 peserta yang mendaftar, namun hanya dipilih 500 pendaftar pertama. Jamal Zamrudi, Founder Catalyst Consulting merasa senang dengan antusias para peserta webinar Sabtu kemarin. Di mana sebelum pendaftaran ditutup, peserta sudah melebihi batas kuota.

“Ini semua di luar ekspetasi tim. Sebenarnya kami ingin menampung semua peserta yang terdaftar. Namun, aplikasi zoom belum bisa mewujudkan keinginan kami,” lanjutnya.

Jamal mengatakan, meskipun aplikasi zoom membatasi peserta. Akan tetapi, Catalyst Consulting akan membagikan panduan hasil seminar online Codex Alimentarius General Principles of Food Hygiene versi 2020 di situs resmi.

“Panduan materi webinar Sabtu kemarin telah disiapkan oleh tim untuk dibagikan ke siapapun dengan mengakses website Catalyst,” jelasnya.

Di tempat berbeda, Puput, Panitia webinar Codex Alimentarius General Principles of Food Hygiene versi 2020 turut bangga kepada para peserta seminar online. “Kami selaku panitia sangat senang dan bangga, ternyata webinar kami mendapatkan respon baik dari masyarakat,” bangganya.

“Semua peserta yang terdaftar dari semua kalangan. Dari pelaku usaha, pekerja, ibu rumah tangga bahkan mahasiswa pun ikut mendaftar,” katanya.

Puput menambahkan, webinar Codex Alimentarius General Principles of Food Hygiene versi 2020 dibawakan oleh Jamal Zamrudi sangat interaktif. “Peserta banyak yang bertanya mengenai pembahasan pada webinar Sabtu kemarin. Karena pemateri membawakannya dengan santai dan tak menonton,” ucapnya.

“Pemateri seringkali menciptakan kontras dan interaksi. Sehingga terjadinya rasa keingintahuan yang tinggi dari peserta mengenai pembahasan webinar kali ini,” tutupnya.

Setidaknya ada 6 hal yang menjadi highlight pada Codex General Principles of Food Hygiene versi 2020 ini:

  1. Management Commitment to Food Safety, Including Food Safety Culture

Komitmen manajemen menjadi sorotan utama dalam seminar online ini. Sebagus apapun komponen yang dirancang, tidak akan berjalan dengan baik bila tidak didukung oleh komitmen dari manajemen dan seluruh karyawan.

Dalam panduan Codex ini disebutkan terkait food safety culture (budaya keamanan pangan). Hal ini sejalan dengan GFSI Benchmarking Requirement 2020 yang di dalamnya terdapat 5 dimensi budaya. Pada kesempatan lain, Jamal berjanji akan menjabarkan mengenai 5 dimensi budaya tersebut.

  1. Allergen Concern

Alergen sebagai salah satu bahaya keamanan pangan yang telah diatur dalam panduan Codex ini. Panduan bagaimana mengelola alergen di pelaku usaha sejak dari penerimaan bahan baku, penyimpanan, pengolahan, sampai dengan mengkomunikasikannya kepada pelanggan.

  1. Hygenic Design

Desain hygiene pada peralatan turut serta menjadi sorotan pada seminar online ini. Peralatan kontak pangan yang digunakan oleh pelaku usaha, wajib memiliki desain hygiene yang tidak menimbulkan kontaminasi ke pangan yang akan diolah.

  1. Calibration of Control Measure

Sorotan dalam seminar online berikutnya yaitu Kalibrasi peralatan. Peralatan yang memiliki kegunaan untuk memantau dan mengendalikan bahaya keamanan pangan, seharusnya dipelihara dan dikalibrasi.

Hal ini untuk mengetahui nilai yang terbaca di alat ukur menjadi akurat dan sesuai dengan standar. Sebab, kadangkala, kita menetapkan CCP suatu proses adalah suhu pemasakan 120-125 C, kemudian ternyata alat ukur tidak terkalibrasi, maka kita tidak benar-benar bisa memastikan apakah suhu yang terbaca tersebut adalah valid. Maka pedoman Codex ini ditentukan mengenai kalibrasi peralatan sangat tepat.

  1. Validation and Verification

Berikutnya ada validasi dan verifikasi. Validasi ini memastikan standar yang kita tetapkan akan mampu mengendalikan bahaya, dan verifikasi mengonfirmasi bahwa tindakan pengendalian yang dijalankan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

  1. Control of Documents and Records

Setelah semua proses dilakukan, Codex turut menambahkan pada beberapa klausulnya mengenai pengendalian dokumen dan catatan yang diperlukan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan isi data diri Anda untuk mengunduh panduan mengenai dari Codex Alimentarius General Principles of Food Hygiene versi 2020 di bawah ini:

Kemana Kami Kirim Panduan Ini?

Panduan webinar kami kirimkan pada data diri Anda yang didaftarkan di bawah ini:

Dapatkan informasi terkini terkait pengembangan sistem manajemen saat ini, termasuk pelatihan, program, dan webinar

Selamat! Anda sudah terdaftar dan nantikan informasi terupdate dari kami.

Data yang Anda masukan salah. Silakan coba lagi!

Catalyst Consulting will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.