Training ISO Terpercaya

Training ISO Terpercaya

 

Pada masa kini pertumbuhan perusahaan di bidang industri memang sangatlah cepat. Setiap perusahaan yang ingin bersaing secara global dapat menggunakan ISO untuk mengukur kemampuannya secara internasional. Tentunya perusahaan yang bergerak di bidang industri modern ini sudah sering mendengar istilah ISO.

ISO (The International Organization for Standardization) merupakan sebuah organisasi berstandar internasional untuk mengukur standarisasi suatu perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri. Organisasi ini didirikan pada tahun 1947 dengan kantor pusatnya berada di Swiss. Anggota ISO merupakan gabungan lebih dari 150 lembaga standar nasional di seluruh dunia.

Secara umum, ISO berperan dalam menetapkan standar kualitas, lingkungan, teknis, keamanan, klasifikasi bahan, analisis/ pengujian bahan, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, ISO masih terus berperan dalam menetapkan standar universal yang diterima oleh anggota-anggotanya demi kepentingan bersama.

Bagi sebuah perusahaan ISO sangatlah penting karena berkaitan dengan kredibilitas atau reputasi perusahaan tersebut. Perusahaan yang sudah menerapkan ISO berarti sudah menjamin bahwa segala aktifitas yang dilakukannya sudah terjamin standar dan kualitasnya secara global/ internasioal. Hal ini tentunya akan membuat perusahaan tersebut mendapat nilai positif dari konsumen atau masyarakat luas.

Kepercayaan dan kepuasan konsumen tersebut tentunya menjadi bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Nantinya konsumen bukan hanya satu kali membeli produk, namun konsumen akan setia untuk selalu membeli produk yang diproduksi perusahaan. Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pendapatan perusahaan.

Secara ringkas, berikut ini manfaat ISO yang harus Anda ketahui:

  • Mengurangi resiko usaha
  • Meningkatkan daya saing dengan perusahaan lainnya
  • Meningkatkan hubungan dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak
  • Memperbaiki dan meningkatkan kinerja manajemen perusahaan
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan perusahaan
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Membangun kredibilitas dan citra positif perusahaan
  • Menjadi jaminan perusahaan berstandar internasional
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan
  • Menghemat pengeluaran perusahaan
  • Mengoptimalkan kinerja karyawan
  • Meningkatkan komitmen perusahaan

ISO yang ada di dunia sekarang sangatlah beragam jenisnya. Berikut ini jenis-jenis ISO dan manfaatnya secara spesifik:

ISO 9001 Quality Management Systems

ISO 9001 merupakan jenis ISO yang memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen kualitas atau mutu. Jenis ISO ini sangat populer di dunia dan sering digunakan oleh perusahaan-perusaahaan di Indonesia. Sampai saat ini ISO 9001 sudah beberapa kali mengalami revisi dan revisi yang terakhir adalah ISO 9001:2015.

ISO 9001 menerapkan pendekatan yang mengharuskan perusaahan melakukan identifikasi, penerapan, pengelolaan, dan melakukan peningkatan berkesinambungan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau kepuasan pelanggan dalam hal fungsi, kualitas, dan kinerja produk yang dihasilkannya. Oleh karena itu, suatu perusahaan harus menerapkan standar industri, peraturan, dan praktik berstandar internasional.

ISO 9001 juga mendorong perusahaan untuk menemukan cara paling efektif dan efisien yang dapat dilakukan secara permanen untuk menyelesaikan masalah biaya di perusahaan.

ISO 14001 Environmental Management Systems

ISO 14001 merupakan jenis ISO yang memperhatikan bidang lingkungan. ISO 14001 yang digunakan saat ini adalah ISO 14001:2015.

Jenis ISO ini bertujuan untuk menjamin suatu perusahaan memperhatikan keseimbangan lingkungan sekitarnya. ISO 14001 berkaitan dengan bagaimana perusahaan melakukan manajemen lingkungan terhadap dampak-dampak lingkungan yang ditimbulkan. ISO 14001 juga mendorong dan membantu perusahaan mengelola penggunaan sumber daya secara efisien yang memiliki dampak postif bagi lingkungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Beberapa aspek yang dinilai dan harus dipenuhi dalam ISO 14001 meliputi penghematan energi, penghematan air, penghematan bahan bakar, pengelolaan limbah, dan lain sebagainya.

ISO 45001 Occupational Health and Safety Management Systems

ISO 45001 merupakan ISO yang membahas mengenai sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. ISO 45001 terbaru yang diterapkan adalah ISO 45001:2018 yang dirilis pada 12 Maret 2018. Secara sederhana jenis ISO ini menetapkan persyaratan dan pedoman untuk manajemen sistem kesehatan dan keselamatan kerja. Selain itu, ISO ini juga mengharuskan suatu perusahaan memiliki mekanisme untuk mengatasi resiko atau permasalahan yang mungkin terjadi.

Penerapan ISO 45001 tetunya menjamin bahwa perusahaan memberikan tempat kerja yang sehat dan aman untuk karyawan, pemasok, dan tamu sehingga terhindar dari berbagai resiko di dalam aktivitas pekerjaannya.

ISO/IEC 27001 Information Security Management Systems

ISO/IEC 27001 merupakan jenis ISO yang menetapkan standar-standar kemanan sistem informasi suatu perusahaan. Jenis ISO ini sangatlah penting diterapkan perusahaan seiring dengan berkembangnya kemajuan dunia teknologi yang sangat cepat. Saat ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak dan banyak menggunakan aplikasi IT dalam kegiatan bisnisnya sangat disarankan untuk menerapkan ISO/IEC 27001.

ISO/IEC 27001 mendorong perusahaan untuk melindungi dan menjaga kerahasiaan perusahaannya dengan membangun/ memelihara sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management System (ISMS).

ISO 22000

ISO 22000 merupakan jenis ISO yang menetapkan standar-standar bagi perusahaan yang bergerak di bidang pangan (makanan dan minuman) baik itu penyedia bahan pangan maupun pengolah bahan pangan.

ISO 22000 mendorong perusahaan untuk memeperhatikan kesehatan dan keselamatan bagi konsumen. Hal ini dilakukan dengan menerapkan quality control serta pengendalian produk atau dengan kata lain suatu produk harus diuji keamanannya sebelum dipasarkan ke masyarakat luas.

ISO/IEC 17025

ISO/IEC 17025 merupakan ISO yang harus diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pengujian atau laboratorium. Jenis ISO ini mendorong perusahaan atau laboratorium untuk menganalis dengan teliti sehingga menghasilkan hasil yang valid atau akurat. Analisis ini meliputi pengujian di bidang perdagangan, pangan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri ISO dengan segala kelebihan dan menfaatnya memang sangat bermanfaat bagi perusahan-perusahaan yang bergerak di bidang industri. Oleh karena itu, sebuah perusaahaan yang ingin mendapat kepercayaan penuh konsumen dan ingin bersaing secara global harus memahami dan mengenal standar-standar ISO. Bagaimana caranya? Tentunya dengan mengikuti pelatihan atau training ISO.

Selain untuk mengenal ISO, training ISO juga memberikan berbagai manfaat. Perusahaan dan karyawan akan memahami jenis-jenis ISO, mengetahui syarat/ ketentuan mengikuti ISO, mengetahui cara agar perusahaannya mendapat nilai yang baik dalam ISO, dan lain sebagainya. Sebelum mengikuti training ISO, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu di Catalyst Consulting.

Dapatkan informasi terkini terkait pengembangan sistem manajemen saat ini, termasuk pelatihan, program, dan webinar

Selamat! Anda sudah terdaftar dan nantikan informasi terupdate dari kami.

Data yang Anda masukan salah. Silakan coba lagi!

Catalyst Consulting will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.